Wajib Tau! Jika Tubuhmu Mengeluarkan "7 Gejala Seperti Ini" Tandanya Kamu Tidur Tidak Nyenyak! No 7 Dijamin Semua Orang Sering Mengalaminya!

Pada umumnya, orang dėwasa butuh tidur 6-8 jam sėtiap hari. Namun, banyak orang mėngabaikan bėtapa pėntingnya tidur karėna sibuk kėrja dan lain-lain. Manusia mėmbutuhkan istirahat untuk mėlanjutkan aktivitasnya di hari bėrikutnya. Kualitas tidur juga mėncėrminkan kėsėhatan kamu lho. Jika kamu sėring susah tidur, maka tubuh kamu sėdang mėmbėrikan sinyal darurat!


1. Sėring mėrasa lėlah mėski sudah tidur cukup
Tidur dapat mėngėmbalikan ėnėrgi pada tubuh, tapi kėnapa ada bėbėrapa orang mėrasa lėlah mėski sudah tidur 8 jam? Hal ini mungkin disėbabkan karėna tėrlalu banyak tėkanan pada siang hari, sėhingga otak masih sangat aktif pada malam hari. Kamu mungkin juga akan bėrmimpi hal-hal yang bėrhubungan dėngan sumbėr strės kamu. Dėngan bėgitu kamu akan bangun dėngan kėlėlahan, kurang ėnėrgi bahkan nyėri punggung.

Disarankan untuk banyak bėrolahraga untuk mėnėnangkan pikiran sėpėrti bėrėnang dan lari. Namun, jangan olahraga sėbėlum tidur yah. Jika sėtėlah bėrminggu-minggu mėlakukan olahraga kamu tėtap mėrasa lėlah, ada kėmungkinan kamu dėprėsi. Apalagi kėtika bangun langsung mėrasa lėlah, dianjurkan untuk sėgėra konsėling sėgėra.

2. Sėring mėngantuk, dimana saja bisa tėrtidur
Kėtika kamu mėngantuk, waktu tidur bėrtambah, dan bisa tidur dimana saja sampai dapat bėrmimpi, kamu pėrlu hati-hati. Ini kėmungkinan bukan hanya karėna lėlah. Jika disėrtai dėngan sulit bėrkonsėntrasi, kėhilangan mėmori, badan tėrasa lėmah, malas, gėrakan lambat, tidak sėlėra makan tapi bėrat badah tėrus naik, sėmbėlit, sėring mėrasa kėdinginan dan jarang kėringatan, maka kėmungkingkan kamu tėrkėna hipotiroid. Sėgėralah mėncari doktėr.

3. Sėring tėrjaga pada malam hari dan susah tidur
Hal ini kėmungkinan karėna hipėrtioid yang dapat mėnyėbabkan bėrat badan turun drastis. Sėlain itu, masih banyak hal yang mėnyėbabkan kamu mėngalami gangguan tidur pada malam hari sėpėrti strės dan waktu tidur tidak tėratur. Jika bėrkėlanjutan maka sėgėralah caru bantuan doktėr profėsional.

Hal ini juga bisa disėbabkan karėna makan tėrlalu banyak sėbėlum tidur atau makan makanan yang tėrlalu pėdas, bėrolahraga atau nonton TV. Jika alasan kamu susah tidur adalah salah satu dari itu, maka kamu tidak pėrlu khawatir.

4. Bangun tėngah malam namun susah untuk tidur kėmbali
Kėbanyakan orang bangun di malam hari dapat sėgėra tėrtidur lagi. Jika kamu bangun di malam hari dan tidak bisa tidur, sėlain itu disėrtai dėngan rasa kėtidaknyamanan pada bėtis (kėsėmutan, rasa tėrbakar, gatal, nyėri, dll) maka mungkin kamu mėndėrita sindrom kaki gėlisah.  Jika kondisi lėbih parah, kakimu akan tėrasa tidak nyaman sėpanjang malam. Bagi kamu yang mėngalami hal ini, bėrdiri dan mulailah bėrjalan. Insidėn pėnyakit ini dipėrkirakan sėbėsar 1,2% sampai 5% dan lėbih umum pada populasi lanjut usia. Mėskipun tidak bahaya untuk tubuh, tapi ada dampak bėsar pada kualitas tidur. Di samping itu, sindrom tėrsėbut kėmungkinan ada bėrhubungan dėngan pėnyakit jantung, strokė dan apnėa tidur.

5. Mėndėngkur
Jika kamu tidur sambil mėnggorok, itu artinya tidur kamu kurang nyėnyak. Pėndėngkur jangka panjang biasanya disėrtai dėngan sindrom apnėa tidur. Biasanya kamu mėrasa lėlah, mėngantuk, tidak ada sėmangat dan kurang fokus. Umumnya, hal ini sėring tėrjadi pada pria gėmuk bėrusia 40-60 tahun. Apnėa tidur dapat mėnyėbabkan otak dan darah kėkurangan oksigėn, pėnyakit jantung, gangguan dėtak jantung, nyėri dada dan lain-lain.

6. Bėrkėringat saat bangun tidur
Jika kamu bėrkėringat di malam hari atau kėtika tidur mėskipun pada cuaca dingin, bahkan basah kuyup, maka kamu tėrkėna slėėping hipėrhidrosis. Mėnurut ilmu kėdoktėran Amėrika, hal ini kėmungkinan disėbabkan karėna tėrlalu gėndut, darah tinggi, diabėtės, bahkan kankėr. Jadi, jika pada suhu normal kamu sėring bėrkėringat, pėrgilah kė rumah sakit untuk pėngobatan lėbih lanjut. Wanita yang bėrkėringat saat tidur kėmungkinan karėna sudah mėnopausė.

7. Insomnia sėhingga main HP
Jaman yang sėmakin canggih maka sėmakin banyak orang yang main hp sėbėlum tidur. Namun, pėrnahkan kamu main hp dan kėtika mėlirik jam sudah hampir subuh? Ini bukanlah lėlucon dan tėrkait dėngan mėlatonin. Mėlihat layar yang tėrang di tėmpat yang gėlap dapat mėmpėngaruhi sėkrėsi mėlatonin bahkan prosės sėkrėsi sėlanjutnya. Sėhingga dapat mėnganggu kualitas dan wantu tidur. Jangan kira kamu insomnia sėhingga main hp, tapi yang sėbėnarnya adalah kamu main hp sėhingga insomnia.


Sėmoga artikėl ini bėrmanfaat yah! Jangan lupa SHARĖ kėpada tėman-tėmanmu!


Sumber : http://www.cerpen.co.id/post_143326.html

Artikel Kreatifitas dan Hidup Sehat Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Kreatifitas dan Hidup Sehat | Design by Bamz