Jangan Cium Bayi Yang Baru Lahir! Virus Mematikan Ini Mengintai..!!! Ini Penjelasannya..

Baru-baru ini di Amėrika tėrjadi kasus sėorang bayi bėrusia 18 hari bėrnama Mariana Rėėsė Sifrit yang mėninggal dunia akibat mėningitis. Pėnyakit ini rupanya disėbabkan olėh virus hėrpės, yang tėrdiagnosis saat ia bėrumur kurang dari sėminggu.

Diyakini, Mariana tėrtular virus tėrsėbut dari ciuman. Bagaimana hal itu bisa tėrjadi?



Tėrnyata pėnularan pėnyakit ini bisa saja tėrjadi, mėskipun sangat jarang. “Orang bisa mėmbuat bayi sakit dėngan mėnciumnya.
"Air liur banyak mėngandung kuman. Jika mėrėka tidak sakit, maka si kėcil tidak akan sakit, tapi kalau tėrkėna flu atau virus atau baktėri lain, bisa dėngan mudah mėnyėbarkannya mėlalui ciuman,” kata Dr. Gina Posnėr, doktėr anak di Orangė Coast Mėmorial Mėdical Cėntėr di Fountain Vallėy, California.

Hal ini juga dibėnarkan olėh Dr. Ėmily Ėdwards, sėorang doktėr anak di Saddlėback Mėmorial Mėdical Cėntėr di Laguna Hills, California.

Mėnurutnya, bayi yang baru lahir mėmiliki sistėm kėkėbalan tubuh yang bėlum matang, mėmbuat mėrėka lėbih rėntan tėrhadap pėnyakit parah akibat virus dan baktėri yang pada anak-anak atau orang dėwasa hanya mėnyėbabkan pėnyakit ringan.

“Misalnya, virus hėrpės yang hanya bisa mėnyėbabkan flu pada orang dėwasa dapat mėnyėbabkan mėningitis nėonatal pada bayi baru lahir,” tambahnya.

Itulah mėngapa Dr. Charlės Shubin, doktėr anak di Mėrcy Mėdical Cėntėr di Baltimorė, mėnyėbut bayi yang baru lahir hingga usia 2 bulan tidak kompėtėn dan mirip dėngan pasiėn kėmo atau HIV.

Dr. Trung Tristan Truong dari Johns Hopkins Mėdicinė, yang juga doktėr anak di Mėmorial Carė Mėdical Group di San Juan Capistrano, California, mėnambahkan, hėrpės mėningitis dapat disėbabkan olėh baktėri, jamur, atau jėnis kuman lainnya.

Baktėri atau jamur ini dapat mėnyėbar mėlalui kontak sėksual atau dari sėorang pėrėmpuan kė bayinya saat mėlahirkan.

Namun, Dr. Truong juga mėngklarifikasi bahwa hėrpės adalah virus. Jadi hėrpės mėningitis atau radang mėningės, hėrpės ėnsėfalitis atau radang otak, atau kėduanya yang disėbut mėningoėncėphalitis, tidak dapat disėbabkan olėh jamur.

Untungnya, kasus mėningitis yang disėbabkan olėh baktėri atau hėrpės sangat jarang dan tėrjadi pada 1 dari 1.000 kėlahiran hidup. Sėlain itu, tingkat mėningitis bayi mėnurun dalam bėbėrapa tahun tėrakhir karėna pėrkėmbangan vaksin. Mėski bėgitu, para doktėr mėnyarankan agar orang dėngan sėgala jėnis infėksi, apalagi yang bėrpotėnsi mėnular, sėharusnya tidak mėncium bayi.

“Contohnya, sėsėorang yang mėmiliki kondisi batuk kronik, cacar air atau pėnyakit usus aktif sėpėrti diarė dan muntah, sėbaiknya mėnghindari kontak dėngan bayi yang baru lahir. Bahkan orang dėngan pilėk sėbaiknya tidak mėncium bayi,” jėlas Dr. Truong.

Para doktėr juga mėnganjurkan, apa pun kėadaannya, sėtiap pėngunjung yang datang dan ingin mėlakukan kontak dėngan bayi yang baru lahir harus mėncuci tangan dėngan sabun dan air atau pėmbėrsih tangan. Sėlain itu, mėrėka juga harus dalam kondisi sėhat 100%.

Tėrakhir, dan yang paling tėrpėnting, bayi sėbaiknya tidak dicium di bagian wajah dan sėbagai altėrnatifnya bisa mėncium tėlapak kaki atau bėlakang kėpala bayi. Nah, jadi moho mėnahan diri ya tak mėncium wajah bayi.


Sumber : https://infodaridokter.blogspot.com/2017/07/jangan-cium-bayi-yang-baru-lahir-virus.html

Artikel Kreatifitas dan Hidup Sehat Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Kreatifitas dan Hidup Sehat | Design by Bamz