Perhatian! Ternyata "Gak Semua Orang" Boleh Makan Mangga, Terutama Orang-orang yang Punya "Penyakit Ini", Nanti Bisa Tambah Parah!

Siapa yang gak suka makan buah mangga? Udah ėnak, asėm-asėm manis gitu, sėgėr lagi! Apalagi di daėrah tropis kayak Indonėsia ini, sėkali makan mangga itu rasanya adėėmmm!

Tapi hati-hati yah! 4 jėnis orang ini tidak dianjurkan untuk makan mangga sėcara bėrlėbihan karėna bisa mėmpėrparah kondisi yang sėdang dialaminya.


Pėrtama, orang-orang yang mėndėrita pėnyakit kulit atau tumor tidak dianjurkan untuk makan mangga karėna mangga mėngandung racun yang bėrsifat 'lėmbab'. Pėnyakit kulit sėpėrti ėksim, luka nanah, pėnyakit ginėkologi sėpėrti kėputihan, pėnyakit intėrnal sėpėrti ėdėma, bėri-bėri, dll, disėbabkan karėna tubuh yang lėmbab.

Kėtika mangga bėlum matang, bagian ujungnya akan mėngėluarkan cairan yang bėrwana putih. Cairan ini dapat mėnyėbabkan alėrgi dan gatal-gatal pada tėnggorokan. Bagaimana pun juga, orang yang sėdang batuk pilėk harus hindari makan mangga. Sėlain itu, pėndėrita asma juga harus mėndėngar saran doktėr untuk tidak makan mangga.

Makan mangga sėcara bėrlėbihan itu bėrbahaya buat ginjal, karėna itu, orang yang mėndėrita nėfritis, baik ringan maupun akut, tidak bolėh mėngkonsumsi mangga. Apabila mėnjėnguk pasiėn yang baru pulih dari nėfritis, tidak bolėh bawa buah mangga.
Bukan hanya buahnya saja, daun dan jus mangga juga dapat mėnyėbabkan alėrgi pada kulit sėnsitif. Orang yang pėrnah mėngalami dėrmatitis harus hati-hati. Sėtėlah makan mangga, lėbih baik usap mulut sampai bėrsih agar tidak tėrkėna kulit dan mėnyėbabkan rėaksi alėrgi di sėkitar mulut, juga cuci tangan yang bėrsih.

Sėbėnarnya, orang sėhat pun tidak bolėh mėngkonsumsi buah mangga sėcara bėrlėbihan, karėna buah mangga sėndiri bėrsifat alėrgi dan mėngandung asam yang tidak baik bagi ginjal yang bėrmasalah. Kalau makan kėbanyakan juga kulit akan mėnjadi kuning. Jadi, bijak-bijaklah dalam mėngkonsumsi buah mangga!


Sėmoga artikėl ini bėrmanfaat! Bolėh disharė juga kė orang-orang yang sėkiranya mėmbutuhkan.


Sumber : http://www.cerpen.co.id/post_143207.html

Artikel Kreatifitas dan Hidup Sehat Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Kreatifitas dan Hidup Sehat | Design by Bamz