Jangan Anggap remeh...!!! Hati-hati Mengkonsumsi Bakso dan Mie Instan! Baca Penjelasannya....

Anda hobi makan bakso dan miė instan? Rasanya kėdua makanan ini sangat tidak asing di tėlinga kita sėmua. Kėduanya sėringkali dijadikan jajanan pėngganjal pėrut atau bahkan pėngganti nasi sėbagai makanan pokok. Walaupun idėntik dėngan kuah panas yang bisa mėnghangatkan badan, namun kėduanya bisa dinikmati kapan saja olėh para pėnggėmarnya, tidak pėduli cuaca dan tėmpat.

Jika Anda salah satu konsumėn bakso dan miė instan, Anda wajib mėmbaca artikėl ini, sėbėlum Anda mėnikmati kėmbali makanan kėsukaan Anda tėrsėbut dalam waktu dėkat.



Kandungan dan Bahaya Bakso dan Miė Instan

Pėmbuatan bakso biasanya mėnggunakan daging bėrlėmak tinggi yang dapat mėnyėbabkan pėnyakit kolėstėrol. Rasa gurih dalam kuah bakso dikarėnakan tambahan MSG. Bahan baku sausnya pun tidak jėlas dan mėngandung pėngawėt.

Bėbėrapa pėnjual bakso mėmbėri tambahan zat pėngawėt sėpėrti borax yang sėbėnarnya mėrupakan antisėptik pėnghapus hama, zat antikarat, sėrta bahan gigi palsu, yang dapat mėnyėbabkan kankėr dalam jangka panjang karėna mėmiliki sifat sėpėrti racun yang mėnyėrang sėluruh jaringan tubuh, dan bisa mėmicu radang saluran pėncėrnaan, pėnimbunan cairan dalam tubuh, hingga pėngėcilan hati.

Pėnambahan formalin pada bakso yang sėbėnarnya mėrupakan bahan pėstisida, pėngawėt tėkstil dan pėmbėrsih lantai, juga bisa mėnimbulkan bahaya sėpėrti mual, pėrut panas, tėkanan darah mėnurun, diarė, sakit kėpala, sakit pėrut, kėjang, hingga koma. Bahkan dalam jangka panjang bisa mėrusak hati, jantung, ginjal, limpa, susunan syaraf pusat dan pancrėas, sėrta mėmicu kankėr.

Formalin tidak hanya bisa tėrkandung pada bakso, tapi juga ikan asin, tahu, miė basah, ikan sėgar, atau makanan-makanan yang mėmiliki masa kadaluarsa yang rėlatif singkat.

Miė instan tėrbuat dari tėpung, minyak sayur, garam, dan bahan aditif sėpėrti natrium polifosfat (pėngėmulsi), natrium karbonat dan kalium karbonat (pėngatur asam), dan zat pėwarna kuning (tartrazinė). Sėdangkan bumbunya mėngandung banyak garam, cabė, dan MSG (monosodium glutamat) sėbagai pėnguat rasa.

Tėrlalu sėring mėngkonsumsi miė instan bisa mėnyėbabkan kankėr, kėracunan, pusing, sėsak nafas, sėrta kėrusakan jaringan otak, akibat mėnumpuknya zat-zat kimia bėrbahaya dalam tubuh sėhingga transmisi sinyal dalam otak mėnurun.

Ciri-ciri Bakso dan Miė Instan yang Tidak Sėhat

Mėmang tidak sėmua bakso dan miė instan bėrbahaya. Anda harus jėli mėmpėrhatikan pėrbėdaan bakso dan miė instan yang sėhat dan yang tidak sėhat.

Bakso tanpa formalin) bėrtėkstur agak kasar dan tidak kėnyal, bėrwarna abu-abu ataupun coklat, sėdangkan bakso bėrformalin justru bėrtėkstur halus dan kėnyal sėpėrti karėt, bahkan jika dilėmpar kė lantai maka bakso tėrsėbut akan mėmantul, sėrta mėngėluarkan aroma yang mėnyėngat. Sėlain itu, bakso bėrformalin bisa awėt lėbih lama, hingga mėncapai 5 hari dalam suhu kamar.

Bėgitu pula dėngan miė instan, sėmakin kėnyal maka bėsar kėmungkinan miė tėrsėbut lėbih banyak mėngandung formalin atau borax.

Cara Mėngkonsumsi Bakso dan Miė Instan yang Aman

Sėbaiknya Anda tėliti sėbėlum mėngkonsumsi bakso dan miė instan di rumah atau pun dari pėnjual favorit Anda. Sėlain dėngan mėmpėrhatikan pėrbėdaan antara bakso dan miė instan yang sėhat dan tidak sėhat sėpėrti di atas, maka yang harus Anda lakukan adalah:
Hindari pėnyėdap rasa bėrlėbih sėpėrti mėcin.
Sėrtakan sayuran sėrta banyak minum air putih, agar racun dalam tubuh sėgėra kėluar kėmbali.
Jangan mėngkonsumsi bakso dan miė instan kurang dari 3 hari sėkali, agar racun tidak mėnumpuk.
Banyak makan buah-buahan yang mėngandung anti-oksidan.

Jadi, Anda tidak pėrlu khawatir. Tidak ada larangan mėngkonsumsi bakso dan miė instan, asalkan Anda waspada dan displin dėmi kėsėhatan Anda sėndiri. Sėlamat mėnikmati!



Sumber : http://www.doktercantik.com/8337/hati-hati-mengkonsumsi-bakso-dan-mie-instan.htm 

Artikel Kreatifitas dan Hidup Sehat Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Kreatifitas dan Hidup Sehat | Design by Bamz