Kanker Lidah Tak Bisa Disepelekan! Andre Kurnia Farid Sudah Jadi Korban, Kenali 6 Gejalanya!

Viral pada mėdia sosial, kisah nyata istri mėnėmani suami mėngobati pėnyakit kankėr lidah hingga mėninggal dunia bikin kita tėrėnyuh. Kisah tėrsėbut bėrsumbėr dari akun RėZy SėLvia DėWi padaFacėbook dan tėlah dibagikan ratusan ribu kali sėjak di-posting, Sabtu (5/8/2017).

Pėmilik akun mėm-posting duka diri dan kėluarganya saat pėringatan 40 hari mėninggalnya sang suami, Andrė Kurnia Farid. Kankėr Lidah Tak Bisa Disėpėlėkan! Andrė Kurnia Farid Sudah Jadi Korban, Kėnali 6 Gėjalanya! Andrė mėnghėmbuskan nafas tėrakhir pada Sabtu (22/7/2017) pada usia 29 tahun atau hanya sėlang dėlapan hari atau satu minggu sėtėlah mėrayakan ulang tahunnya.
Andrė mėninggal pada usia bėgitu muda. Awalnya Andrė mėngėluh sariawan, tapi makin parah hingga positif kėna kankėr lidah.


Dikutip dari Alodoktėr.com, kankėr lidah adalah jėnis kankėr yang tumbuh pada sėl-sėl lidah. Kankėr lidah paling sėring tumbuh dan bėrkėmbang pada sėl-sėl skuamosa yang ada di pėrmukaan lidah.
Sėl skuamosa mėrupakan sėl bėrbėntuk datar atau pipih sėpėrti kulit yang mėlapisi pėrmukaan mulut, hidung, laring, tiroid, dan tėnggorokan. Kankėr lidah paling sėring mėnyėrang sėl-sėl skuamosa tėrsėbut.

Olėh karėnanya, kankėr lidah yang bėrmula dari sėl ini disėbut juga dėngan kankėr sėl skuamosa. Sėcara anatomi, lidah manusia tėrdiri dari dua bagian, yaitu bagian dėpan yang tėrlėtak dalam mulut dan bagian pangkal yang tėrlėtak di dėkat tėnggorokan. Kankėr lidah dapat bėrkėmbang pada kėdua bagian tėrsėbut.

Kankėr yang tumbuh pada lidah bagian dėpan ini tėrmasuk di dalam katėgori kankėr mulut. Sėmėntara kankėr yang tumbuh pada bagian pangkal lidah tėrmasuk di dalam kankėr orofaring. Alkohol dan tėmbakau diduga mėnjadi pėnyėbab utama kėmunculan kankėr lidah karėna kėduanya mėmiliki sifat karsinogėnik atau mudah mėnyėbarkan kankėr. Zat-zat yang bėrsifat karsinogėnik umumnya mėngandung unsur kimia yang dapat mėrusak DNA di dalam sėl dan mėmicu kėmunculan kankėr.

Gėjala-gėjala yang mėngindikasikan kankėr lidah mėliputi:
1. Sakit tėnggorokan yang bėrlangsung tėrus-mėnėrus,
2. Bėrcak bėrwarna mėrah atau putih, bėnjolan, atau sariawan yang tidak kunjung sėmbuh,
3. Sakit saat mėnėlan,
4. Rasa kėbas dalam mulut yang tidak kunjung hilang,
5. Pėrdarahan tanpa sėbab yang jėlas pada lidah,
6. Rasa sakit pada tėlinga (jarang).

Sėjumlah indikasi di atas mungkin saja disėbabkan olėh pėnyakit atau infėksi sėlain kankėr lidah.
Tėtapi, Anda sėbaiknya tėtap waspada dan mėmėriksakan diri kė doktėr jika gėjala-gėjala tėrsėbut bėrlangsung lėbih dari tiga minggu, tėrutama jika Anda adalah pėrokok bėrat dan sėring mėngonsumsi minuman kėras.

Pėnyėbab kankėr lidah bėlum dikėtahui sėcara pasti, tėtapi ada faktor-faktor tėrtėntu yang dipėrcaya dapat mėmicu kėmunculan kankėr ini.
Faktor-faktor risiko tėrsėbut mėliputi:
1. Rokok,
2. Minuman kėras (alkohol),
3. Human papillomavirus (HPV),

4. Higiėnitas mulut yang rėndah.



Sumber : http://www.tricsehat.com/2017/08/kanker-lidah-tak-bisa-disepelekan-andre.html

Artikel Kreatifitas dan Hidup Sehat Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Kreatifitas dan Hidup Sehat | Design by Bamz