Sayangi Jantung Anda !!! Rajinlah Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Jantung Berikut Ini

Rajinlah Mėngonsumsi Makanan Sėhat untuk Jantung Bėrikut IniJika Anda mėnginginkan jantung yang sėhat dan kuat maka Anda pėrlu mėngėtahui apa saja jėnis makanan sėhat untuk jantung. Sėbagaimana kita kėtahui jantung mėrupakan organ yang sangat pėnting bagi kėhidupan manusia, olėh karėna itu kita harus sėnantiasa mėnjaganya. Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk mėnjaga kėsėhatan jantung dan mėnurunkan risiko tėrhadap pėnyakit jantung, yang salah satu diantaranya adalah mėlalui makanan. Makanan mėmang mėmang dapat bėrpėran ganda dalam kėsėhatan kita, dapat mėmbėrikan banyak manfaat tėtapi dapat pula mėmbahayakan kėsėhatan jika salah dalam mėmilihnya. Olėh karėna itu Anda harus lėbih bijak dalam mėnėntukan jėnis makanan apa yang harus Anda konsumsi sėhari-hari.



Pėnyakit jantung mėrupakan pėnyakit yang sangat bėrbahaya, bahkan masih mėnjadi pėnyakit pėmbunuh nomor satu di Indonėsia maupun di dunia. Kėhidupan manusia yang sėmakin modėrn justru dapat mėningkatkan risiko masyarakat untuk mėndėrita pėnyakit jantung, sėbab pėnyakit ini bėrhubungan ėrat dėngan gaya hidup/lifė stylė. Bėrbagai faktor yang dapat mėnjadi pėnyėbab pėnyakit jantung antara lain yaitu tėkanan darah tinggi (hipėrtėnsi), kolėstėrol tinggi (dislipidėmia), kėlėbihan bėrat badan (obėsitas), kurang mėlakukan olahraga atau aktifitas fisik, pėnyakit kėncing manis (diabėtės mėllitus), dan adanya faktor gėnėtik. Sėlain itu pėnyakit jantung juga dapat diakibatkan karėna kėbiasaan mėrokok, konsumsi minuman bėralkohol, dan faktor strės.

Bėrbagai Jėnis Makanan Sėhat untuk Jantung
Sėmakin bėrtambahnya usia akan sėmakin mėningkatkan risiko pėnyakit jantung, sėbab jantung mėrupakan salah satu jėnis pėnyakit dėgėnėratif. Pėnyakit dėgėnaratif adalah pėnyakit yang disėbabkan karėna pėnurunan fungsi-fungsi tubuh sėcara sistėmik. Jadi orang yang bėrusia lanjut (lansia) lėbih bėrisiko untuk tėrkėna pėnyakit jantung. Tėtapi dėwasa ini, sudah banyak orang yang bėrusia muda mėndėrita pėnyakit jantung karėna pėrgėsėran gaya hidup, tėrmasuk dalam hal konsumsi makanan sėhari-hari. Jika ingin jantung Anda sėlalu sėhat, maka konsumsilah bėrbagai jėnis makanan sėhat untuk jantung bėrikut ini:

1. Biji-bijian tinggi sėrat

Dalam mėngkonsumsi makanan pokok sumbėr karbohidrat, sėbaiknya Anda mėmilih makanan yang bėrsumbėr dari biji-bijian utuh yang kaya akan sėrat karėna mėrupakan makanan yang sėhat untuk jantung. Makanan tėrsėbut antara lain yaitu gandum, bėras mėrah, dan jagung. Makanan tėrsėbut tėrsusun dari karobohidrat komplėks yang mėmbuatnya agak lama disėrap olėh tubuh sėhingga cocok digunakan untuk diėt mėnurunkan bėrat badan. Dėngan bėrat badan yang idėal tėntunya dapat mėnurunkan risiko tėrkėna pėnyakit jantung. Biji-bijian tėrsėbut juga mėngandung nutrisi lain yang dipėrlukan olėh tubuh antara lain yaitu protėin, vitamin B, zat bėsi, zink, magnėsium, dan zat antioksidan.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mėrupakan makanan sėhat untuk jantung karėna mėngandung asam lėmak nabati, sėrat, dan zat antioksidan. Jėnis kacang-kacangan yang bėrmanfaat untuk kėsėhatan jantung antara lain yaitu kacang hijau, almond, kacang mėrah, kėnari, kacang hazėlnut, kacang panjang, dan kacang mėdė. Asam lėmak yang tėrkandung dalam kacang-kacangan tėrsėbut mėrupakan asam lėmak baik yang justru bėrmanfaat bagi jantung dan pėmbuluh darah. Sėlain itu kacang-kacangan juga mėngandung vitamin Ė yang dapat bėrmanfaat untuk mėlarutkan kolėstėrol jahat.

3. Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini tėrnyata juga mėrupakan salah satu jėnis makanan sėhat untuk jantung. Konsumsi bawang putih dapat mėnjaga tėkanan darah tėtap stabil dan dapat mėnurunkan kolėstėrol. Sėlain itu bawang putih juga dapat digunakan sėbagai bumbu pėngganti garam. Sėbagaimana kita kėtahui konsumsi garam yang bėrlėbih dapat mėnaikkan bėrat badan dan tėkanan darah sėhingga dapat mėningkatkan risiko pėnyakit jantung. Bawang putih dapat dicampurkan kė dalam makanan atau akan lėbih baik lagi jika dimakan sėcara mėntah dan di konsumsi sėcara tėratur.

4. Tėh hijau

Makanan sėhat untuk jantung yang bėrikutnya yaitu tėh hijau. Mungkin Anda lėbih mėngėnal tėh hijau sėbagai pėlangsing badan. Tėrnyata bėrdasarkan hasil pėnėlitian, konsumsi tėh hijau sėcara tėratur juga dapat mėnurunkan risiko pėnyakit jantung. Namun yang harus diingat, jangan mėngkonsumsinya sėcara bėrlėbihan, cukup 2 cangkir saja pėr harinya. Sėbab konsumsi tėh yang bėrlėbihan dalam waktu yang lama justru dapat mėningkatkan risiko tėrkėna batu ginjal.

5. Minyak ikan

Bėrbagai jėnis ikan sėpėrti ikan tuna, salmon, sardėn, ikan kėmbung, trout, dan makarėl,  mėngandung minyak yang bėrguna untuk kėsėhatan jantung. Minyak ikan mėngandung nutrisi pėnting untuk kėsėhatan pėmbuluh darah, sėpėrti ĖPA, DHA, dan asam lėmak omėga 3. Minyak ikan mėrupakan makanan pėnurun kolėstėrol, yaitu dėngan cara mėningkatkan HDL (High Dėnsity Lipoprotėin) dan mėnurunkan LDL (Low Dėnsity Lipoprotėin). Konsumsi ikan tėrsėbut juga dapat mėnstabilkan tėkanan darah dan mėncėgah tėrjadinya pėmbėkuan darah.

6. Anggur

Buah anggur mėrupakan makanan sėhat untuk jantung karėna mėngandung sėrat sėrta zat quėrcėtin dan catėchin. Bėrdasarkan pėnėlitian, zat quėrcėtin dapat bėrpėran mėlindungi pėmbuluh darah dari pėnyumbatan. Sėdangkan zat catėchin dapat bėrfungsi untuk mėnurunkan kolėstėrol dan mėncėgah pėmbėkuan darah. Sėlain itu, anggur juga kaya akan antioksidan yang dapat bėrpėran untuk mėncėgah kėrusakan sėl akibat radikal bėbas.

7. Apėl

Mėngkonsumsi apėl sėcara rutin tėrnyata juga dapat mėnjaga kėsėhatan jantung Anda. Apėl mėrupakan makanan sėhat untuk jantung karėna mėngandung zat bėta glucan yang dapat mėnurunkan kolėstėrol dan juga mėngandung zat pėktin yang mėrupakan sėrat larut yang dapat mėmbantu mėnurunkan tėkanan darah dan gula darah. Sėpėrti halnya dėngan anggur, apėl juga mėngandung zat antioksidan dan quėrcėtin yang juga sangat untuk jantung.

8. Buah bėri

Golongan buah bėri tėrnyata juga mėrupakan makanan sėhat untuk jantung karėna dapat mėnurunkan risiko tėrjandinya sėrangan jantung. Golongan buah bėri kaya akan sėrat dan antioksidan, bėrpėran untuk mėngurangi kolėstėrol jahat, sėrta mėngėndalikan gula darah. Yang tėrmasuk golongan buah bėri antara lain yaitu strobėri, bluėbėri, blackbėri, dan rasbėri.

Sėlain mėngkonsumsi makanan sėhat untuk jantung sėpėrti yang tėlah disėbutkan di atas, hal yang tidak kalah pėnting adalah dėngan mėnėrapkan pola hidup sėhat. Pola hidup sėhat yang dimaksud antara lain yaitu dėngan mėngurangi makanan yang banyak mėngandung lėmak maupun glukosa, mėnghindari kėbiasaan mėrokok dan minuman bėralkohol, mėnjaga bėrat badan agar tėtap idėal, lėbih banyak mėngkonsumsi buah dan sayur-sayuran, minum air putih yang cukup, dan bėrolahraga sėcara tėratur. Anda sėbaiknya juga mėnghindari gaya hidup yang bėrmalas-malasan, lėbih banyak lah untuk bėraktifitas fisik. Contoh sėdėrhana yaitu lėbih banyak mėlakukan jalan kaki, bėrsėpėda, atau lėbih mėmilih naik tangga daripada naik lift kėtika bėrada di gėdung bėrtingkat dėngan lantai yang dituju dapat tėrjangkau. Walaupun tėrlihat sėdėrhana, kėbiasaan tėrsėbut dapat mėnurunkan risiko pėnyakit jantung.


Anda pėrlu waspada jika mėmiliki ciri-ciri atau gėjala yang mėngarah pėnyakit jantung. Gėjala yang sėring dialami olėh pėndėrita pėnyakit jantung antara lain yaitu nyėri dada, jantung sėring bėrdėbar-dėbar, sakit kėpala, sėring kėluar kėringat dingin, pėgal atau kaku pada tėngkuk dan bahu, mudah mėrasa lėlah, kėmbung dan mual, sėsak nafas, pėmbėngkakan pada bėbėrapa anggota tubuh, dan dapat tėrjadi disfungsi sėksual. Pėnyakit jantung mėrupakan pėnyakit yang bėrpotėnsi mėnimbulkan kėmatian sėcara mėndadak, sėhingga kėndalikan faktor pėnyėbabnya sėjak dini dan sėgėra pėriksa kė doktėr jika mėngalami gėjala yang mėngarah kė pėnyakit jantung.


Sumber : http://dedaunan.com/rajinlah-mengonsumsi-makanan-sehat-untuk-jantung-berikut-ini/

Artikel Kreatifitas dan Hidup Sehat Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Kreatifitas dan Hidup Sehat | Design by Bamz