Buah Pala dapat atasi Insomnia



Myristica fragans adalah nama latin dari Pala. Merupakan tanaman dengan tinggi sekitar 10 m. Batangnya tegak, berkayu berwarna putih kotor. Daunnya berwarna hijau mengkilat tunggal bentuk lonjong dengan ujung dan pangkalnya runcing. bunganya berbentuk malai yang keluar dari ketiak daun. Bunga jantan berbentuk bola kuning. Bijinya kecil berwarna hitam kecoklatan dan diselubungi warna merah.

Khasiat dan Manfaat Pala

Bijinya bersifat meluruhkan kentut danmenjaga kesehatan lambung. Infus biji pala memiliki efek sedativ atau menenangkansehingga dipercaya sebagai obat tidur alami. Biji Pala juga berberkhasiat untuk mengatasi penyakit disentri, mencret, menghentikan muntah, mual, mulas, dan perut kembung.

Biji Pala mengandung zat aktif myristin yang bersifat anestesi, memberikan efek tenang juga menimbulkan efek halusinasi serta toksik pada dosis tinggi. Oleh karena itu Pala juga dikenal sebagai antidepresi. namun senyaea myristin pun dilaporkan mampu menjaga pembentukan tumor.

Kandungan lain Pala adalah patchouli alkohol yang berfungsi sebagaipengikat parfum. Juga biasa digunakan sebagai bumbu masak.

Cara Penggunaan Pala

– Penyakit Maag

Biji pala 1 gdiseduh dengan buah pisang batu 6 g dan air 100ml. Ramuan ini diminum 1 kali sehari.

– Menghentikan muntah dan mulas

Biji pala satu sendiok teh diseduh dengan air dan garam secukupnya, diminum bersama ampas Biji pala.

– Sulit Tidur

Rebus 1 sdt Pala bubuk dengan 200 ml air atau susu. Diminum selagi hangat.


Sumber: info herbalis

Artikel Kreatifitas dan Hidup Sehat Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Kreatifitas dan Hidup Sehat | Design by Bamz