Cara Pintar Budidaya Tanaman Bayam Secara Hidroponik





Pada topik bahasan kali ini kami akan menyampaikan cara menanam bayam hidroponik yang mungkin dapat membantu anda yang sekarang sedang kebingungan mencari cara menanam bayam hidroponik. Sebenarnya menanam sayur bayam dengan melalui proses hidroponik sangat mudah sekali, yang di butuhkan hanyalah ketelitian saja. Pada penanaman hidroponik ini ada dua langkah, Langkah yang pertama ada tahap penyemaian benih, dan langkah yang kedua adalah tahapan penanaman pada alat hidroponik.
Langsung saja anda simak bagaimana cara menanam sayur bayam dengan melalui proses hidroponik :

1. Penyemaian benih
Untuk melakukan penyemaian benih ada beberapa langkah. Langkah-langkah untuk melakukan peyemaian benih bayam adalah sebagai berikut :
  • Langkah yang pertama anda perlu menyediakan arang sekam dalam sebuah nampan.
  • Kemudian anda dapat mencampurnya dengan benih bayam beserta pasir yang halus dan kering.
  • Selanjutnya anda dapat menaburkan benih yang telah anda campur dengan menggunakan pasir tersebut ke dalam sebuah nampan.
  • Berikutnya anda dapat menaburkan arang sekam ke dalam nampan setinggi 5 mm.
  • Kemudian anda dapat menutup nampan tersebut dengan menggunakan tisu basah.
  • Pada setiap pagi dan juga sore anda dapat menyemprot benih dengan menggunakan air agar media selalu lembab.
     Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah yang ada diatas maka dalam waktu hanya 2 hari saja, akan mulai terlihat kecambah benih dari bayam tersebut. Setelah 10 hari lamanya tanaman bayam itu akan tumbuh daun kurang lebih sebanyak 2 hingga 4 daun, dan memiliki ketinggian antara 7 cm. Setelah 10 hari maka tanaman sayur bayam tersebut sudah dapat dipindahkan ke dalam alat hidroponik.
  •  

2. Penanaman pada alat hidroponik
     Untuk Tanaman bayam yang dari tempat persemaian akan diambil, lalu anda dapat menanamnya pada stirofom yang sudah diberi lubang dengan menggunakan bantuan gabus atau kapas untuk dapat menyangga tanaman bayam dengan. Jarak setiap tanaman kurang lebih 15 cm. Selanjutnya stirofom yang telah Anda tanami bayam dapat di masukkan ke dalam talang untuk alat hidroponik. Air yang telah berisi nutrien dapat dialirkan terus menerus dengan melalui talang. Setelah 1 hingga 1,5 bulan, maka tanaman bayam telah siap untuk dipanen.



Sumber : Petani Hebat

Artikel Kreatifitas dan Hidup Sehat Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Kreatifitas dan Hidup Sehat | Design by Bamz