Kenali Tanaman Gandarusa dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Anda!




Gandarusa dikenal juga dengan nama Handarusa (Sunda), Gandarusa, tetean, trus (Jawa), Ghandharusa (Madura), Gandarisa (Bima), Puli (Ternate), dan Besi-besi (Aceh). Tanaman ini berupa semak, pada umumnya ditanam sebagai pasar hidup atau tumbuh liar di hutan, tanggul sungai, atau dipelihara sebagai tanaman obat. Tanaman ini memiliki batang yang mengandung sedikit racun alkaloid dan pahit.

CARA MENDAPATKAN GANDARUSA
Tanaman dapat dikembangbiakkan dengan stek. Perawatannya dengan pengendalian hama dan gulma, pemupukan serta penyiraman air yang cukup. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik pada tempat dengan ketinggia 250-1.200 m dpl.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Seluruh bagian tanaman.

KHASIAT GANDARUSA
Tanaman gandarusa dapat menyembuhkan berbagai penyakit seoerti luka memar, tulang patah, rematik, bisul, penyakit mata, demam, bronchitis, borok, koreng, dan hingga sakit kepala. Tanaman ini juga digunakan sebagai bahan kontrasepsi pada pria di masyarakat Sentani, Irian Jaya. Selain itu, memiliki efek antioksidan, antiimflamator, analgesik, dan hepatoprotektife (penjaga fungsi hati).

RESEP
1. Pemakaian dalam : 15-30 g, direbus atau ditumbuk kemudian diperas dan diminum airnya. Kulit pohon dipakai untuk membuat muntah, daun dapat digunakan untuk membunuh serangga.
2. Pemakaian luar : Tanaman segar dilumatkan, tempelkan ke tempat yang sakit. Tanaman segar direbus, airnya untuk cuci.
Semoga bermanfaat.


sumberinfoherbalist

Artikel Kreatifitas dan Hidup Sehat Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Kreatifitas dan Hidup Sehat | Design by Bamz