Wajib untuk dibaca Cara mudah Membuat durian Montong Berbuah Sepanjang Tahun




Dari semua semua jenis durian yang ada, ada satu jenis durian yang sangat digemari dan paling dicari dipasaran. Yaitu durian montong, durian ini paling banyak digemari selain rasanya yang lebih enak, daging buahnya juga lebih banyak dan tebal dengan biji yang kecil. 

Berikut adalah cara menanam durian montong dengan mudah dan sederhana :

Pemilihan benihan Durian Montong
Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika ingin menanam buah durian adalah pembenihan. Benih durian montong mudah untuk didpatkan, anda bisa membelinya di beberapa toko pertanian, koprasi tani bahkan langsung dari biji asli durian montong sendiri. 


Penyiraman Pohon Durian Montong
Hal terpenting saat anda menanam tanaman apapun termasuk pohon durian adalah penyiraman, penyiraman harus dilakukan secara rutin apalagi jika anda menanam pohon buah durian montong. Agar anda mendapatkan hasil panen yang berkualitas dan melimpah, berikut adalah langkah menyiram pohon durian montong dengan tepat :

Perhatikan terlebih dahulu kondisi tanah sehari setelah anda menanam pohon durian, bila tanah sudah mulai mongering maka anda harus menyiramnya dengan banyak air hingga kondisi tanah lembab.
Untuk penyiraman durian montong, anda perlu menyiramnya sebanyak 2 kali sehari setiap pagi dan sore hari.
Berbeda jika musim hujan, anda tidak perlu minyiramnya atau jika diperlukan, maka anda hanya diperbolehkan menyiramnya sekali dalam sehari untuk menjaka kelembban tanah lahan tanam.
Penanganan Hama, Penyiangan dan Pemupukan Pohon Durian Montong
Untuk menjaga kesuburan pohon maka anda perlu melakukan penyiangan serta pemupukan, perhatikan juga kondisi pohon durian montong yang anda tanam apakah ada hama ataupun penyakit yang menyerang atau tidak. Berikut merupakan penjelasannya :

Setelah seminggu anda menanam pohon durian, anda dianjurkan untuk melakukan pemupukan lanjutan setiap 2 minggu sekali.
Sembari memupik anda juga harus melakuka penyiangan terhadap rumput- rumput yang mulai tumbuh di sekitar lahan tanam. Lakukanlah penyiangan setiap 2 minggu sekali sebelum anda memupuk.
Anda juga harus sering- sering memperhatikan kondisi pohon durian montong agar terhindar dari hama ataupun penyakit. Anda bisa mengatasi menggunakan pestisida jika dirasa perlu.


Panen Durian Montong
Sebelum anda memanen durian, lihatlah buah- buah durian yang matang dan ikat buah serta batang buahnya pada batang pohon dengan tali raffia agar jika masak pohon tidak jatuh dan mengenai kepala. Gunakanlah simpul tali mati agar tali raffia pengikat kuat dan tidak mudah putus nantinya. Dan perlu diketahui juga bahwa buah durian montong akan berbuah pada usia 4 hingga 5 tahun setelah masa tanam berlangsung. Berikut adalah cara memanen durian montong dengan tepat :

Sebelum memanen anda dianjurkan memakai sarung tangan ataupun pelindung tangan lain agar ketika memanen tangan anda tidak luka sedikitpun.
Gunakan gunting ataupun pasau untuk memotong tali pengikat buah durian.
Pastikan buah durian yang anda panen benar- benar siap panen, dengan ciri buah berwarna hijau agak kekuningan serta bau harum khas durian yang menyengat.

Agar durian montong ini berbuah sepanjang tahun maka langkah2nya adalah sebagai berikut:
  1. Berilah pupuk kandang agar kesuburan tanah terjaga
  2. Tambah kan dengan memberi pupuk NPK secara berkala agar ketersedian unsur hara terjaga pada durian
  3. Diutamkan memberi pupuk sesegera mungkin pada saat selesai panen
  4. Jika mau lebih optimal maka berikan juga jenis pupuk tunggal lainnya, seperti UREA, TSP, dan Kcl secara teratur
  5. Jangan lupa utk selalu menyiramnya dengan air


Itulah cara menanam dan membuat durian montong agar berbua sepanjang tahun dengan mudah dan sederhana. Aplikasikanlah dengan benar untuk mendapatkan hasil panen durian yang berkualitas dengan rasa yang lezat serta melimpah. Selamat Berocock Tanam!

Artikel Kreatifitas dan Hidup Sehat Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Kreatifitas dan Hidup Sehat | Design by Bamz